Selasa, 11 Oktober 2011


The great queen seondeok (part 2)
Hhaii.. TQSD lagi yah ? tapi kayaknya bulan ini aku bakal banyak bahas soal TQSD deh, tapi nggak papa deh,, akukan juga penggemar TQSD, jadi wajar yah.. hahaha,,informasi ini aku kumpulkan dari banyak sumber dank ku catat di buku pribadi ku, buku khusus TQSD.. tapi sekarang aku bakal berbagi kekalian.. selamat membaca..
Perubahan kekuasaan
         Silla di perintah oleh 3 keluarga (klan) kuat selama berdirinya, yaitu bak (park), seok, dan kim.klan Bak sebagai pendiri berkuasa lebih dari 3 generasi sebelum menghadpi pemberontakan oleh klan Seok. Dalam masa-masa pemerintahan pertama raja keluarga seok, Raja Talhae, klan kim berperan sebagi klan Aristokrat ( bangsawan ). Ketiga klan ini  saling berbut kekuasaan sepanjang sejarah silla . bayangii deh berapa banyak korban yang ada pada masa itu ?? mifta nggak bisa bayangii deh #sok imut J

Pendirian
         Dalam masa proto tiga kerajaan ( masa sebelum tiga kerajaan ) Negara kecil di bagian tengah dan selatan semenanjung korea diklompokkn ke dalam 3 konfederasi ( Negara bagian ) bernama samhan. Salah satunya bernama Jinhan yang memiliki 12 buah bagian yang lebih kecil, salah satunya adakah negeri Saro (saroguk) yang merupakan asal dari silla. Negara Saro terbagi atas 5desa dan 6 kelompok keluarga.
         Berdasrkan badad goryeo samguk sagi yang ditulis pada abad ke 12, silla didirikan oleh seseorang bernama Bak Hyeokgeose tahun 57 SM dikota yang sekarang dikenal adalah Gyeongjo. Menurut legenda, Bak Hyeokgeose lahir dari telur kuda putih. Ketika berusia 13, keenam kelompok klan mengangkatnya menjadi pimpinan negeri Saro.
         Pembuktian lewak bukti arkeologis menunjukkan bahwa walau ada Negara yang berdiri pada masa itu di wilayah gyeongjo, masih terlalu dini untuk menyebut silla sebagai sebuah kerajaan. Penulis samguk sagi dari zaman goryeo, kim Bo-Shik mungkin mencoba untuk mengesahkan bukti berdirinya Silla dengan memberi senioritas histories diatas rivalnya “ baekje dan goguryeo”

Peninggalan – peninggalan termahsyur silla di gyeongjo
(yang satu ini nanti aku kasi deh foto-foto peninggalannya, jadi aku puas ngetiknya, dan kalian enjoy bacanya J)
·         loneong perunggu raja seondeok
·         cheomseongdae observatory astronomi tertua di asia timur yang di bangun pada masa ratu Seondeok ( berkuasa 623-647)
·         silla juga terkenal dikalangan pedagang Muslim Timur Tengah yang pergi berdagang ke tiongkok lewat jalur sutra. Ahli geografi arab dan Persia seperti Ibn Khuradhin, Al-masudi, Dimashiki, Al-Nawairi, dan Al-Maqrizi menulis catatan-catatan tentang silla.

Oke deh.. segini dulu part 2 ny .. mungkin part selanjutnya bakal jadi part terakhir, cos capek juga ngetiknya ,,, capek banget eh…

miftaKey

Tidak ada komentar:

Posting Komentar